Ubah Mindsetmu Dalam Pengelolaan Keuangan

Pelosokinfo 2018, Ubahlah mindset anda dari yang sebelumnya selalu memikirkan kebutuhan ini kebutuhan itu dan pingin beli ini beli itu atau mau kesana dan kemari, kini saat menerima pemasukkan dari manapun itu selalu pikirkan, berapa porsi untuk saya tabung? Jangan bersedih jika dana tersebut tidak cukup untuk bersenang-senang atau tidak cukup untuk membeli “gengsi” yang anda idamkan namun bersedihlah jika anda tidak bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung.

Banyak orang yang pelosokinfo temui mereka lebih sering menceritakan punya barang A dan barang B dengan penuh semangat dan bangga namun sangat jarang yang menceritakan besarnya dana yang dia simpan dengan bangga. Jika anda termasuk orang yang mengedepankan gengsi, janganlah tunjukkan gengsimu dengan kepemilikan barang-barang saja namun angkat gengsi anda dengan besarnya tabungan anda. Pelosokinfo tidak mengajak anda menjadi orang yang mngedepankan gengsi namun jika sifat anda memang seorang yang bisa disebut gengsian maka gengsilah dengan hal yang tidak merugikan. Jangan sampai gengsi anda harus dibayar dengan hutang sini hutang sana.

Untuk lebih mudah memahami pelosokinfo berikan sedikit ilustrasi ini. Menurut anda lebih bergengsi punya mobil avanza plus tabungan 30 juta daripada punya mobil innova plus hutang 100 juta? Keduanya kalau dijumlahkan sama-sama senilai kurang lebih 250 juta, hanya yang membedakan adalah dalam tempo waktu tertentu ya si A yang punya avanza bisa mengembangkan 30 jutanya menjadi lebih banyak serta bisa ditambah tiap bulannya sedangkan si B yang harus membayar hutang 100 juta dengan jumlah total yang bisa jauh lebih besar dari itu karena harus bayar bunganya. Dalam tempo 2 tahun ternyata si A sudah punya mobil avanza plus tabungan senilai 157 juta, sedangkan si B hanya memiliki mobil innova padahal sama – sama mengeluarkan dana 370 juta. Mengapa demikian? Selama 24 bulan si B harus menyisihkan penghasilannya sebesar 5 juta setiap bulannya dan jika ditotal sebesar 120 juta.

Sedangkan si A sama – sama menyisihkan 5 juta perbulan namun bukan untuk bayar hutang, melainkan untuk dimasukkan ke rekening tabungan berjangka yang memiliki bunga sebesar 4% per tahun atau sekitar 0,333% per bulannya. Sehingga jika ditotal dalam 24 bulan si A telah memiliki saldo sekitar 157 juta.

Dengan demikian dalam tempo akan seperti pada tabel berikut:

 

 

Wow…ternyata biaya gengsi si B selama 2 tahun saja sudah sebanyak 51,7 juta…

MASIH TIDAK MAU MENGUBAH MINDSET?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *