NMAX Facelift Cukupkah Untuk Menyambut PCX Lokal?

Beberapa hari sebelum Honda meluncurkan All New PCX, Yamaha terlebih dahulu mengenalkan NMAX Facelift untuk menghadapi persaingan pasar Maxi scooter kelas 150cc di 2018. Terlihat Yamaha sengaja meluncurkan NMAX facelift disaat isu peluncuran Honda PCX lokal begitu kencang. Dan ini tentunya diharapkan akan memberikan dampak positif dan mempermudah NMAX untuk terus merajai pasar segmen Maxi Scooter 150cc.

NMAX terbaru ini ada perubahan pada beberapa sisi saja, yaitu tampilan dan kenyamanan. Dari sisi pilihan warna, kini NMAX memiliki warna baru yaitu warna biru, kemudian untuk warna hitam dan abu-abu mendapat sentuhan warna pada velg dengan warna emas.  Masih dari sisi tampilan, NMAX untuk pasar 2018 ini mendapat sentuhan pada pelapis jog yang dijahit membentuk lekukan yang membuatnya tampil lebih eksklusif. Tampilan baru juga dilakukan pabrikan Yamaha mada Multi Information Display (MID) yang kini berbentuk kotak dan background biru. Meski informasi yang ditampilkan MID ini masih sama dengan versi sebelumnya, dan itu sudah sangat informatif.

Beralih ke sisi kenyamanan, Yamaha memberikan perbaikan pada poin yang selama ini banyak dikeluhkan penggunanya, yaitu suspensi belakang yang relatif keras.  Selama ini Yamaha bersikukuh menggunakan suspensi yang relatif keras karena itu akan memberikan kestabilan pada saat menikung terutama pada kecepatan tinggi. Dan memang dari review berbagai media di sirkuit, NMAX termasuk stabil untuk melibas tikungan pada kecepatan tinggi, tidak ada gejala limbung. Namun sayangnya Yamaha sedikit lupa bahwa NMAX digunakan konsumen untuk sehari-hari di jalan raya maupun jalan komplek atau kampung yang tentunya banyak jalan tidak rata. Jalan rusak maupun polisi tidur, bahkan jalan yang tidak rusak namun memang tidak rata, he he he… Pada saat melewati jalan seperti itu, tentunya akan jauh lebih nyaman jika suspensinya lebih lembut. Perlu diingat bahwa NMAX walau bodynya besar namun ternyata banyak penggunanya adalah kaum perempuan dan kebanyakan mereka jarang ngebut apalagi menikmati high speed corner iya kan? Di sini suspensi lembut akan lebih berkesan bagi mereka, apa lagi maxi scooter saat ini masih menjadi motor mewah dan bergengsi tinggi, masak lagi jalan santai di komplek dan dengan bangga tersenyum dan menyapa tetangga tiba tiba …duglek…motor berguncang keras, pengendara sedikit loncat karena melewati polisi tidur, kan gak lucu h.h.h…

Tapi tenang…kini Yamaha membekali NMAX facelift dengan suspensi bertabung yang diklaim lebih nyaman di jalan kurang rata namun tetap stabil untuk melibas high speed corner. Keren kan? Sekeren tampilannya dengan tabung warna gold. Keren dimata keren dirasa he.he.he….

Lantas apakah facelift yang dilakukan Yamaha ini cukup untuk menghadapi persaingan yang diperkirakan akan panas pada 2018 mendatang? Memiliki lawan sekelas yang sudah cukup memiliki nama juga, siapa lagi kalau bukan Honda PCX 150. Datangnya All New PCX 150 dengan berbagai fitur unggulan, tentunya akan memberikan tantangan serius bagi NMAX. Beberapa fitur yang belum dimiliki NMAX facelift adalah  ISS, ACG Starter, keyless system, dan juga device carger, seperti yang pelosokinfo bahas di  Fitur Maut Honda PCX. Bagaimana dengan NMAX, apakah tidak memiliki fitur unggulan? Tentunya ada, poin paling unggul yang dimiliki NMAX adalah mesin yang lebih powerfull karena memiliki kapasitas 5cc lebih besar dan sudah menganut 4 klep serta sudah menggunakan teknologi VVA yang akan powerfull hingga putaran atas. Selain pada mesin, NMAX juga unggul pada teknology sustensi dan juga sistem pengereman untuk versi ABS, dimana ABS Honda PCX hanya ada pada rem depan saja, sedangkan NMAX sudah depan dan belakang.

Dari sisi harga, NMAX juga sedikit lebih murah yaitu 26,3 juta dan 30,2 juta saja sedangkan Honda PCX mulai 27 juta hingga 32 juta. Disini selisih harga lebih tinggi pada versi ABS, yaitu sekitar 1,8 juta, sedangkan versi non ABS hanya berselisih 700 ribu saja.

Perkiraan pelosokinfo, dalam setahun kedepan, NMAX akan tetap unggul di pasar dibanding PCX, walau pasar NMAX kemungkinan juga akan turun setidaknya 20% dari tahun ini. Walau begitu bukan berarti pasar Honda PCX hanya berada di kisaran 20% dari penjualan NMAX, pelosokinfo memperkirakan pasar PCX yang sudah diproduksi lokal ini akan mencapai rata rata 12 ribu perbulan dan itu setara dengan 50% pasar NMAX. Dengan demikian pasar maxi scooter 150cc meningkat di banding tahun ini. Jadi facelift NMAX sudah cukup untuk menhadapi persaingan dengan PCX lokal, namun hanya sementara waktu, kalau dalam 10 bulan tidak ada upgrade, bisa bahaya.

Apakah analisa pelosokinfo ini tepat atau tidak? Kita ikuti saja perkembangan pasar roda dua nasional di 2018 mendatang.

One Reply to “NMAX Facelift Cukupkah Untuk Menyambut PCX Lokal?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *