Mengukur Kemampuan Maksimal Anda Untuk Menabung

Pelosokinfo 2018, Kapan waktu yang tepat untuk menabung sudah pernah kita bahas di sini, lantas sebenarnya berapa kemampuan maksimal seseorang untuk menabung sih? Kadang seseorang perlu menyisihkan dana sebesar mungkin untuk memenuhi target besar terkait hal penting seperti usaha memiliki rumah, menyekolahkan anak, renovasi, modal usaha atau hal lain yang dianggap sangat penting bagi keluarganya. Besarnya kebutuhan dan minimnya penghasilan menyebabkan banyak orang harus mengencangkan ikat pinggang demi tercapainya tujuan.

Dalam pengelolaan keuangan, keahlian paling baik yang dimiliki banyak orang adalah menghitung kemampuannya, namun bukan kemampuan menabung melainkan kemampuan mencicil hutang. Dalam hitungan menit atau bahkan hitungan detik setelah melihat price list dan daftar cicilan yang disodorkan seorang sales langsung bisa mengetahui bahwa angka tersebut bisa masuk dalam budget atau tidak. Akan lebih mudah lagi jika barang yang akan dibeli tersebut berkait gengsi dan hal menyenangkan seperti mobil, motor, gadget, barang elektronik dan sebagainya. Para produsen memang tahu benar kondisi ini sehingga sekarang ini jamannya kredit. Selain itu pihak bank atau leasing juga sangat paham akan hal tersebut, berbagai kemudahan kredit mereka tawarkan supaya masyarakat tergiur. Pinjaman tanpa agunan, bunga rendah, DP rendah, dan kemudahan lainnya. Beli mobil mayoritas kredit, beli motor mayoritas kredit, beli barang elektronik bisa kredit, beli gadget idaman bisa kredit, kalau tidak ada penawaran secara kredit ya bisa hutang dulu ke bank untuk beli barang secara tunai. Pada akhirnya sekarang kredit sudah menjadi budaya, orang punya hutang itu wajar, semakin kaya semakin berani hutang.

Kembali pada judul di atas, “kemampuan menabung”, tanya pada diri anda sendiri, berapakah kemampuanku menabung? Jawabnya sangatlah gampang segampang menjawab pertanyaan “berapa hutang yang berani saya tanggung”? Berapakah hutang anda saat ini? Mampukah anda mengatur keuangan anda supaya cicilan bisa terbayar? Apakah anda masih ingin menambah hutang untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan anda?

Baca juga:

Arti Kesuksesan Ekonomi

Ilustrasi Inspiratif Waktu Tepat Untuk Menabung Bagi Karyawan

Ubah Mindsetmu Dalam Pengelolaan Keuangan

Paradigma Keuangan Yang Umum Tapi Salah

3 Spirit Kelola Keuangan Untuk Hidup Lebih Baik

Memang sungguh ironis saat berbincang dengan teman dimana dia berencana untuk mengajukan hutang untuk keperluan keluarganya diwaktu yang akan datang. Kemudian pelosokinfo tanyakan, kenapa tidak mulai menabung saja? Wah, gak bisa, wong untuk keperluan sehari-hari saja selalu habis kok, jawab sang teman. Lha, kenapa punya rencana untuk hutang? Kalau hutang berani? Sambil tersenyum sang teman menjawab, berani, he.he.he…

Sebagai bahan renungan, silahkan jawab beberapa pertanyaan berikut:

Apakah saya punya hutang?

Beranikah saya nambah hutang lagi?

Kredit dengan DP ringan, menarikkah buat saya?

Kredit bunga rendah, menarikkah buat saya?

Saya berencana beli mobil dengan kredit?

Saya berencana menjadikan motor lama sebagai DP kredit motor baru?

Saya mau hutang untuk rekreasi?

Jika salah satu dari pertanyaan di atas anda jawab “ya” maka sudah pasti anda memiliki kemampuan untuk menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *