4 Fitur Maut Honda All New PCX

Pelosokinfo 2017, Seperti kita ketahui Astra Honda Motor (AHM) baru saja membuka kerudung penutup produk andalan terbaru di segmen skutik bongsor atau yang belakangan ini lebih dikenal dengan istilah maxi skutik. Segmen yang sangat dominan dikuasai kompetitor utama Honda yaitu Yamaha dengan NMAXnya. Keberanian Yamaha membuka segmen baru menghasilkan kesuksesan besar bagi pabrikan berlambang garpu tala tersebut. Membawa keunggulan mesin 155 VVA dan 2 posisi riding sesuai selera, body bongsor dan elegan, NMAX menjelma menjadi idola baru bagi masyarakat pecinta roda dua di Indonesia.

Sebenarnya selama ini AHM juga sudah memasarkan skutik bongsor yaitu PCX dari awalnya bermesin 125cc kemudian upgrade ke 150cc. Namun sayangnya PCX 150 tidak bisa berbuat banyak melawan NMAX karena memang dari sisi fitur apalagi harga, PCX bisa dibilang kalah jauh. Harga PCX melambung tinggi dan banyak yang menilai sudah overprice, mengapa bisa begitu? Karena PCX masih didatangkan secara utuh alias CBU dari Vietnam. Tahu sendiri kan, barang import tentu ada tambahan biaya pajak sana sini yang tidak sedikit. Saat NMAX terserap pasar mencapai 30 ribu dalam sebulan, Honda PCX hanya berkutat dibawah 500 unit saja.

Kini AHM tampak akan menggarap pasar maxi skutik 150cc dengan meluncurkan All New PCX dan akan diproduksi secara lokal di Indonesia, dengan demikian dari sisi harga tentu akan sangat bersaing. Dan ternyata….selain harga yang jauh lebih murah juga fitur-fitur ditambah, wow….berarti sangat value dibanding versi import bro n sis… dengan harga mulai 27 juta, pemilik PCX lama juga harus terima kenyataan he.he.he…

Dari sekian fitur yang disematkan, pelosokinfo melihat 4 fitur utama yang bisa mendatangkan “maut” bagi kompetitor. Bukannya mau lebay atau berlebihan, namun hal itu memang ada potensi terjadi. Empat fitur itu adalah Smart Key System, ACG Starter, Idling Stop System dan fitur Carger. Keempat fitur ini tidak satupun didapati di produk kompetitor (NMAX), bahkan di Yamaha NMAX facelift yang juga baru beberapa hari diluncurkan. Seperti kita tahu, kedua fitur ini adalah fitur fitur yang sedang kekinian banget, fitur jaman now… Kecanggihan teknologi motor salah satunya ditunjukkan oleh fitur keyless system, starter sunyi senyap yang dihasilkan oleh ACG Starter, kemudian mesin mati sendiri saat berhenti tanpa memutar kunci off itu juga mengesankan kecanggihan, sedangkan fitur carger sebagai pendukung kebutuhan jaman now akan gadget tetap bisa on. Jadi kalau All New PCX hadir dengan desain Futuristik itu sangat-sangat pas, karena fitur-fiturnya pun menunjukan hal tersebut.

Amat disayangkan, NMAX facelift tidak menyematkan kedua fitur tersebut, padahal keempat fitur itu sudah dimiliki Yamaha dan sudah disematkan pada Aerox 155, dimana mesin  Aerox 155 adalah hasil pengembangan teknologi dari mesin NMAX.

Apakah dengan diluncurkannya PCX ini akan merubah strategi Yamaha? Kita ikuti saja perkembangannya dalam 6 bulan kedepan karena PCX sendiri baru akan diproduksi awal tahun 2018.

 

2 Replies to “4 Fitur Maut Honda All New PCX”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *