3 Spirit Kelola Keuangan Untuk Hidup Lebih Baik

Pelosokinfo 2017, Dalam mengelola keuangan pasti tiap orang memiliki prinsip-prinsip maupun hal hal yang diperhatikan dalam pengambilan keputusan penggunaan uang yang dimiliki. Namun kadang kita malah terlalu fokus untuk mencari kesenangan pribadi sehingga secara tidak sadar kita telah mengalami kerugian atau malah memberi dampak negatif bagi orang lain disekitar kita. Oleh karena ini kali ini pelosok info akan membagikan sedikit prinsip untuk dijadikan spirit atau semangat dalam mengelola keuangan supaya lebih tepat guna dan memberi dampak positif bagi kita, keluarga dan orang-orang disekitar kita.

  1. Bukan saat bokek, tapi saat punya dana lebih, kebanyakan orang salah ambil keputusan.

=> orang kecenderungan berpikir panjang sebelum menggunakan dana yang mepet, karena ia menyadari bahwa kalau sampai ada sedikit kesalahan saja maka dana akan kurang. Saat bokek, berfikir panjang sudah seperti gerakan reflek.

Berbeda saat memiliki dana lebih, maka orang kecenderungan tidak pikir panjang dalam penggunaannya karena merasa dana masih banyak.

Padahal saat dana kita banyak maka kemungkinan dana yang “hilang sia-sia” juga bisa banyak. Jadi berusahalah lebih hati-hati saat ada rejeki lebih.

 

  1. Bayar hutang itu kewajiban, menabung itu hak

=> Dua hal yang sama-sama penting tapi dalam kondisi harus memilih salah satu, tentunya akan sulit. Dalam kondisi tersebut ada pembeda dari keduanya yang bisa menentukan, mana yang harus lebih diprioritaskan. Bayar hutang itu merupakan kewajiban, karena hutang berarti menggunakan milik orang lain. Sedangkan menabung itu bisa dikatakan sebuah hak, dimana mau menabung atau tidak itu terserah kita masing-masing. Dengan demikian dari aspek hukum maupun sosial, membayar hutang harus didahulukan daripada menabung.

 

  1. Salah kaprah jaman sekarang, relasi disamakan dengan sosialisasi.

=> Jaman sekarang banyak anjuran untuk banyak bergaul dan menjalin komunikasi dengan banyak orang, namun sayang motivasinya hanya satu, bisnis. Harapan untuk bisa meningkatkan ekonomi pribadi selalu menjadi background. Hubungan dan komunikasi seperti tadi biasa disebut dengan menjalin relasi.

Motivasi ekonomi selalu menjadi keutamaan bahkan dalam lingkup masyarakat dimanapun dia berada sehingga dia jadi lupa akan hubungan antar manusia yang lebih dasar, yaitu sosialisasi. Tak ada motivasi ekonomi dalam sosialisasi, yang ada adalah motivasi kemanusiaan. Kebutuhan dasar akan hidup, saling membutuhkan, manusia tidak bisa hidup sendiri, itu semua yang menjadi background.

Kini banyak orang tidak ingat yang namanya sosialisasi, tapi tidak bisa lepas dari yang namanya relasi.

 

Sementara ini dulu yang pelosokinfo bagikan bagi pembaca semua, semoga berguna, prinsip-prinsip dan spirit keuangan selanjutnya masih banyak, tetap pantau pelosokinfo.com

 

One Reply to “3 Spirit Kelola Keuangan Untuk Hidup Lebih Baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *